Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

4/10/16

Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran

Air Terjun atau curup menjadi daya tarik sendiri bagi penikmatnya karena hasil percikan air jatuh tersebut memberikan sensasi pemandangan yang indah. Satu lagi surga tersembunyi yang ada di bumi andan jejama Kabupaten Pesawaran yaitu air terjun / curup Ciupang. Air terjun curup Ciupang yang terletak di dusun Purwajaya Desa/pekon Sumberjaya kecamatan Padang Cermin Pesawaran provinsi Lampung, cukup mudah untuk dijangkau dan memiliki daya tarik yang begitu indah. 

Untuk mencapai air terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya ini tidaklah sulit karena cukup dekat dengan perkampungan warga, dan tidak memiliki area jelajah yang sulit serta tidak jauh. Air terjunnya masih alami dengan tumbuhan-tumbuhan yang masih terjaga, airnya juga jernih sejuk serta pemandangannya masih asri alami. 

Perlu dicatat buat para pengunjung Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya untuk berhati-hati disini karena daerah air terjunnya yang curam dan masih licin, harus ekstra hati-hati dan menjaga diri, jangan sampai terpleset. 

Rute untuk mencapai air terjun curup Ciupang adalah jika dari kota Bandar Lampung mengambil arah atau jalan utama ke arah teluk kiluan atau ke arah tempat-tempat wisata yang sudah terkenal sebelumnya yaitu satu jalur dengan melewati pantai mutun, pantai sari ringgung, pahawang, pantai klara, pangkalan TNI angkatan Laut. Setelah tiba di Kecamatan Padang Cermin, akan menemukan pertigaan yang mana, jika ke arah kiri ke Pundu Pidada / Kiluan sedangkan kearah kanan ke Kedondong. pada pertigaan ini ambil arah ke Kedondong, terus ikuti jalan hingga tiba di pasar Kluwih, setelah melewati pasar ini akan ada pertigaan yang akan menunjukan jika lurus ke arah Kedondong, sedangkan ke kiri ke arah Klumbayan. pada pertigaan ini ambil ke arah Klumbayan, ikuti jalan ini lurus dengan sedikit banyak menanjak, setelah di jalan ini cari Sekolahan SMP 1 Atap. tepatnya di desa Sumberjaya. ikuti jalan ke arah SMP ini hingga Melewati SMP tersebut, tidak jauh dari SMP tersebut ada jalan yang masih dalam bentuk underla (berbatu belum diaspal halus) jalannya menanjak, ikuti jalan ini hingga tepat di dusun Purwajaya. setelah di dusun ini tanyakan ke warga jalan untuk masuk ke air terjun / curup ciupang. di dusun ini kendaraan dititipkan ke rumah warga dan memulai untuk tracking dengan jalan kaki, yang rutenya menyusuri sungai, jalur dari rumah warga ke air terjun Curup Ciupang ditempuh sekitar 10 menit (untuk para emak-emak) ckcckck. 

Dari informasi yang saya dapatkan dari seketaris desa Sumberjaya Kecamatan Padang Cermin, Bapak Didik menyampaikan "sekarang lagi akan digalakkan atau dikembangkan tempat-tempat wisata baru di kawasan ini, khususnya air terjun atau curup, dimana sebelumnya pemerintah daerah sudah mengembangkan kawasan wisata pantai, sekarang akan merambah ke wisata daerah pegunungan salah satunya adalah air terjun/ curup Ciupang ini". selanjutnya tutur beliau "di Kabupaten ini terdapat sekitar 7 air terjun yang ada, dan akan dikembangkan menjadi objek wisata. air terjun-air terjun tersebut yaitu Air terjun curup Ciupang sendiri, air terjun Sinar Tiga, air terjun Kembar, dan lainnya" (saya lupa sih, ndak bawa catatan, hp lowbat). selanjutnya pak Didik juga bercerita bahwa di air terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya ini terdapat 3 air terjun, bagian paling atas harus ditempuh dengan menanjak lagi. pada saat itu kami tidak sempat berkunjung karena kondisi belum mendukung. Semoga daerah ini menjadi wisata yang menjaga dan mengutamakan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan) dan utama dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. 

Pada adventure kali ini ke air terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya bersama teman-teman dari Darma siswa Tanoko dan Catrine), rumah kayu fotografi(RKF Lampung diwakilkan oleh Susi), Couchsurfing Lampung, dan Backpackers Indonesia (BPI) chapter Lampung. 

Yuk kita lihat foto-fotonya saat di Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya : semoga berkenan dan jangan lupa di share ya..
bersatu kita bisa saat sebelum masuk ke air terjun  Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya
air terjun bawah Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 

seru bersama anak-anak warga sekitar  di Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 
asiknya mandi diair yang sejuk dan jernih Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 

bisa narsis di batuan Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 
siapa itu ya?  di Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 
asikk pake banget Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 
tampak gagah Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 
sang penakluk  di Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran 

video lengkapnya Air Terjun Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran berikut ini;

No comments: